Minggu, 09 Juni 2013

Adakah Kepastian dalam Hidup

Jika kita menyadari bahwa kepastian itu tidak ada, satu hal yang perlu kita lakukan ialah mengantisipasi ketidakpastian tersebut. Ketidakpastian bukannya untuk kita hindari, karena tidak bisa kita hindari, tetapi untuk kita antispasi.
Sering ana mendengar banyak orang yang bilang “ yang pasti – pasti sajalah” misalnya menjadi karyawan tetap, mereka mengangap akan adanya penghasilan ”pasti” dalam setiap bulanya.. Padahal, kita semua sadar, bahwa kepastian itu tidak ada, hanya Allah yang mengetahui apa yang akan terjadi esok hari..karena kita tidak tahu apa yang terjadi esok nanti.
Ketidakpastian bisa datang kapan saja. Sebuah pengalaman dari diri ana. Ketika ana merasa aman, nyaman, dan happy bekerja di sebuah perusahaan, tiba-tiba  ada musibah yang menimpa perusahaan. Perusahaan itu bangkrut, tiba-tiba muncul pesaing baru yang langsung mengalahkan perusahaan. Akhirnya boss memanggil karyawannya, dengan terpaksa sebagian karyawanya diperhentikan, termasuk saya pada waktu itu.
Ketika kita sedang senang-senangnya bersama keluarga yang aku kita cintai, (alm kakeku).., tiba-tiba di keesokan harinya ternyata itu menjadi pertemuan terakhir bagi ku, dan ia menghembuskan nafas terakhir.
Ketika ana sedang merasa aman dengan seseorang, merasa seakan-akan ia akan menjadi patner dalam menempuh kehidupan dikemudian hari. tiba-tiba orang tersebut pergi meninggalkanku. Dan masih banyak lagi ketidakpastian dalam kehidupan.
Semua ini bisa terjadi kapan saja, bisa hari ini, besok, lusa, pekan depan, bulan depan, tahun depan,…. entah kapan ??



Sekarang, tinggal kita bertanya pada diri sendiri, apakah kita siap jika kita tiba-tiba kehilangan tumpuan hidup selama ini, tiba-tiba Allah mengambil hidup kita? Betul, kita memang tidak berharap, tetapi semua bisa terjadi. Ingat pepatah, sedia payung sebelum hujan, adalah sangat bijak jika kita terapkan mulai hari ini. Mumpung masih ada waktu, persiapkan diri sekarang juga, untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi, Pasti  kita bisa menemukan berbagai cara untuk mengantisipasi ketidakpastian yang ada pada diri kita?? Sambil tetap meminta pertolongan kepada Allah dan terus berjuang, karena HANYA ALLAH YANG MENGETAHUI APA YANG PASTI TERJADI ESOK HARI. ~arf ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar