Jumat, 14 Oktober 2011

cerita pagi jalan sehat kota tangerang.

Pagi yang indah dengan suasana mentari yang mulai menyengat di bandara kota tangerang , ku awali pagi dengan olahraga dan menghirup segarnya udara pagi .. Tapi tak ada temen yang menemaniku pagi ini, Iwan, Budi, slamet yang biasa menemaniku berlari pagi, hari ini tak bisa menemani.., Apa boleh buat akhirnya ku niatkan ber olah raga sendiri di jalur TKI Bandara Soekarno Hatta.., Ketika smp di perempatan M1 bandara, aku banyak melihat sekumpulan orang dengan seragan kaos bertuliskan “Jalan Sehat dalam rangka mempringati Hari Koperasi”


Karena ada rasa penasaran maka ku mendekatinya,
ada acara apa pak, kok seragamnya sama semua..,”sapa ku pada salah satu diantaranya dengan senyum”
Ada acara jalan sehat di depan balikota tangerang dik, Ini sedang menunggu teman yang ingin menjemput kami”
Oh,, gitu.., jam berapa pak acara dimulainya” tanyaku kembali.

Jam 07.00 mulai startnya.., banyak kok yang ikutan..,
tiba-tiba mobil yang jemput beliau datang..,
“Cepetan pak , Naik” kata seorang sopir sambil melambaikan tangan”
Dengan sedikit tergesa-gesa bapak terebut bilang”
Udah dulu ya, bapak mau berangkat dulu”
Oh,,, ya pak.. makasih banyak..
Mobil tersebut melesat dengan cepatnya..dan hilang dari pandangan..

aku pun lanjutkan kembali tuk berlari, di sepanjang jalan ku teringat dengan kata-kata bapak tersebut “Ada jalan sehat di depan balaikota”
dalam hati selalu berfikir, alangkah indahnya jika aku menuju ke sana, pasti banyak orang orang, rame dan merasa tak sendiri lagi..,
maka aku rubah niatku yang awalnya ingin berlari-lari dari ujung bandara M1 ke ujung kantor TKI bandara..,

Ah… lurus aja lah.. di balkot  ada yang lebih menarik kok..,
Teruslah ku berlari melewati “Jalan Baru” menuju balaikota dengan nafas terengah-engah,
Alhamdulillah sampai juga di depan Balaikota, ketika ku matikan stopwatch , kulihat tertera 0:46:51.24. sambil menari nafas panjang melepas lelah.., nggak terasa kalo aku telah berlari 46 menit..

Semakin ku penasaran sesampai disana, Dimana nich panitianya, karena puluhan ribu orang telah memadati lapangan hingga membludak sampai masjid raya al ahzom tangerang .., akhirnya ku temukan juga panitianya.., Dikasihlah aku sebuah kupon gratis dengan nomer peserta” 21.609 “(subhanallah banyaknya peserta yang ikut) Berbagai kalangan masyarakat tumpah ruah jadi satu.., dari anak TK, SD, SMP, SMA, pegawai swasta, pegawai negeri, wiraswasta, ibu rumah tangga..,besar kecil, tua uda, yang lewatpun jadi pada ikutan dan tak bisa lagi aku menyebutkannya..,

Akhirnya peserta jalan sehat pun di lepas oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah “”Syarifuddin Hasan. “"   dimulai dari “Lapangan depan LP Anak tangerang jalan Daan Mogot” menuju depan Polsek Tangerang, melewati rell kereta menuju jalan sudirman cikokol, menyusuri jalan sudirman balik kembali ke jalan Daan mogot dan Finish di Lapangan.., Alhamdulillah sampai juga di garis finish.. tak lupa aku melihat kembali stopwatch di garis finish 1:53:21.34.  tak terasa ternyata hamper 2 jam kami berjalan kaki.., Semuanya merasakan kebahagian yang tak terkira ketika sampai di garis finish…

Rasa haus pun menhampiriku, tapi syukur Alhamdulillah, panitianya telah menyiapkan minuman isotonic, dan susu fermentasi gratis kepada semua peserta satu persatu.., beristirahatlah ku sejenak menikmati minuman sambil menyaksikan pertunjukan “Parade Karnaval Budaya “ dan marching band dari SMA negeri 2 tangerang dan SMA/SMK yang lainnya di kota tangerang. Indahnya pertunjukan itu karena di selingi dengan tari-tarian.., Andaikan aku bawa kamera pasti akan aku abadikan, suasana pagi ini.., “Hmm..sayang HP nya nggak bisa buat motret..hehe”

Terlihat pula di tengah lapangan di dirikan bermacam-macam tenda, membuat hatiku penasaran.., rasa penasaranku menghantarkan kaki ku tuk melihatnya..Wahh.. ternyata ada pameran juga “Pameran Aku Cinta Indonesia” itulah tuisan yang terlihat di pintu masuk tenda, ada juga pangung band di tengah lapangan.., Tapi tak tau artis nya siapa.., karena aku lebih tertarik dengan pamerannya..
Setelah aku masuk kedalamnya ternyata berbagai peserta dari kalangan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sedang memamerkan produk-produk unggulan Kota Tangerang.
Banyak produk yang sangat indah dan menarik dari Usaha Kecil Menengah.., Tapi, ada yang membuatku sangat terkagum, membuat hati berdebar-debar..adalah.
Seorang ibu-ibu yang telah tua renta yang duduk diatas kursi, yang satunya duduk berselonjor di atas tikar…, Beliau memperagakan membuat anyaman berupa tas dan topi, walaupun telah tua renta dengan kaca mata serasa tak kuasa tu berdiri, tapi semangatnya sungguh luar biasa tuk terus berkarya.., serasa membuat hati ingin menangis…

Semakin ku masuk kedalam.., terlihat pula seorang kakek yang telah tua membuat kaligrafi arab.., sungguh indah kaligrafinya.., warna-warni kaligrafinya serasa memancarkan cahaya bak pelangi.., padahal kaligrafi tersebut hanya terpantul oleh cahaya lampu…, dan masih banyak lagi hasil karya yang lainnya..

Dalam kesempatan itu juga akan diberikan penghargaan bagi koperasi berprestasi, baik koperasi karyawan maupun koperasi masyarakat, penyaluran KUR(Kredit Usaha Rakyat) secara simbolis dari perbankan kepada koperasi dan UKM.., tapi aku tak menyaksikan penghargaan tersebut karena keburu pulang..
Selamat memperingati Hari Koperasi ke 64 Tingkat Kota Tangerang, Semoga Kesejahteraan UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah ) semakin baik..,dan semakin berkembang..

Mari kita cintai produk Lokal, produk-produk yang dibuat oleh bangsa sendiri..,
teringatku akan sebuah iklan “ Cintailah Produk-Produk Indonesia”
**arf**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar